Pages

Thursday, May 23, 2013

Proses Penyerbukan

Penyerbukan sangat penting. Ini adalah proses penciptaan bibit baru yang tumbuh menjadi tanaman baru

Proses PenyerbukanNamun bagaimana penyerbukan berlangsung ? Nah, itu semua dimulai  bunga. Tanaman berbunga memiliki beberapa bagian yang berbeda yang penting dalam penyerbukan. Bunga memiliki bagian jantan disebut benang sari (Stamen) yang menghasilkan serbuk lengket yang disebut serbuk sari (pollen). Bunga juga memiliki bagian wanita disebut putik(Pistil). Bagian atas putik disebut stigma, dan Biasanya lengket. Benih  dibuat di dasar putik, yaitu  di dalam ovula.

Untuk  bisa diserbuki, serbuk sari harus dipindahkan dari benang sari ke stigma. Ketika serbuk sari dari benang sari tanaman yang ditransfer ke stigma bahwa tanaman yang sama, itu disebut penyerbukan sendiri. Ketika serbuk sari dari benang sari tanaman yang ditransfer ke stigma tanaman yang berbeda, itu disebut penyerbukan silang. Penyerbukan silang menghasilkan tanaman kuat. Tanaman harus dari spesies yang sama. Misalnya, hanya serbuk sari dari bunga Aster dapat menyerbuki Daisy lain. Serbuk sari dari bunga mawar atau pohon apel tidak akan berhasil.

Bagaimana Tanaman Dapatkan diserbuki?
Penyerbukan terjadi dalam beberapa cara. Manusia dapat mentransfer/memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya, tetapi kebanyakan tanaman diserbuki tanpa bantuan dari manusia. Biasanya tanaman bergantung pada hewan atau angin untuk penyerbukan mereka.

Ketika hewan seperti lebah, kupu-kupu, ngengat, lalat, dan Kolibri Melakukan penyerbukan pada  tanaman, itu tidak disengaja. Mereka tidak mencoba untuk penyerbukan tanaman. Biasanya mereka berada di sana untuk mendapatkan makanan, serbuk sari lengket atau nektar manis yang terbuat di dasar kelopak. Ketika makan, hewan tidak sengaja  bergesekan dengan  benang sari dan serbuk sari menempel ke tubuh mereka. Ketika mereka pindah ke bunga lain untuk mencari  makanmaka beberapa serbuk sari dapat menular ke stigma ini ke tanaman  baru.
-->

2 comments: