Sunday, February 17, 2013

Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem Informasi Materi pada bahasn ini cukup menarik dan dapal menjelaskan perihal tentang ledakan penggunaan komputer pada akhir Aakhir ini. Akan tetapi, bagaimana akhirnya hal itu bagi manajer yang mengikuti kuliah sistem informasi manajemen (SIM) dan manajer praktisi sekarang ini. Mungkin sangat sederhana, berarti bahwa manajer yang tidak berkemampuan menggunakan komputer akan merupakan hambatan bagi organisasi atau lebih buruk lagi, tak bermanfaat sebagai pengambil keputusan. Kesimpulan tersebut mencerminkan kenyataan bahwa untuk beberapa dekade, fokus pada penggunaan komputer adalah lebih tertuju pada mesin itu sendiri ketimbang pada dimensi yang jauh lebih panting penerapannya. Sedangkan maksud buku ini adalah untuk menutup kesenjangan tersebut dengan memusatkan perhatian pada pemanfaatan komputer bagi aplikasi manajerial, yaitu sistem informasi manajemen (SIM). Meskipun faktanya komputer tidak lebih dan sekadar sebuah alat untuk mengolah data, banyak manajer memandangnya sebagai elemen sentral terpenting dalam suatu sistem informasi. Sikap ini cenderung terlalu menyanjung dan mengganggu peran komputer yang sesungguh- nya. Peran seberanya adalah menyajikan informasi untuk pengambilan keputusan dan untuk perencanaan serta pengendalian operasi.

Sistem informasi manajemen (SIM) bukan merupakan hal baru. Yang baru adalah komputerisasinya. Sebelum ada komputer, teknik SIM telah ada untuk memberi manajer informasi yang memungkinkan mereka merencanakan serta mengendalikan operasi. Komputer telah menambah satu atau dua dimensi, seperti kecepatan, ketelitian, dan volume data yang meningkat yang memungkinkan pertimbangan alternatif-alternatif yang lebih banyak dalam suatu keputusan, yang di dalam suatu organi- sasi terdiri atas sejumlah unsur, orang yang mempunyai bermacam- macam peran dalam organisasi, kegialan atau tugas yang harus diselesai- kan, tempat bekerja, wewenang pekerjaan, serta hubungan komunikasi yang mengikat bersama organisasi tersebut. Sistem informasi manajemen (SIM) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-infomnasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Telah diketahui bahwa informasi merupakam hal yang sangat penting bagi manajemen di dalam pengambilan keputusan. Dari mana  informasi tersebut bisa didapat? Informaasi dapat diperoleh dari sistem informasi. Sistem informasi didefinisikan:

“SISTEM INFORMASI” adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapa( menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

sumber : dikutip dari buku; 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 
oleh Tata Sutabri, S.Kom.,MM
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN oleh Tata Sutabri, S.Kom.,MM
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 

No comments:

Post a Comment