Thursday, June 13, 2013

BENTUK DASAR KOMUNIKASI



OLEH :DRS DJOKO PURWANTO, M.B.A

Sebelum membahas tentangbentuk dasar komunikasi, terlebih dahulu kim perlu memahami tentang apa yang dimaksud dengan kornunikasi dan komunikasi bisnis itu sendiri.

Menurut William C. Himstreet clan Wayne Murlin Baty dalam Business Communications Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses Pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim) baik dengan symbol symbol  , sinyal sinyal maupun tindakan. Pengertian komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang atau lebih dengan menggunakan Cara-Cara berkornunikasi yang biasa dilakukan oleh seseorang , sepetri melalui lisan, tulisan, maupun sinyal-sinyal nonverbal.

Sementara itu, komunikasi bisnis berbeda dengan kornunikasi antarpribadi J laupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi antarpribadi (interpersonal fi lmmunieeztionsj merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam  kehidupan sehari-hari antara dua orang atau Iebih untuk mencapai tujuan

tertentu. Sedangkan komunikasi lintas budaya (intercultural/cross-cultural communication) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda. Secara sederhana dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah kornunikasiyang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal

Dalam dunia bisnis, seorang komunikator yang baik tentu saja di samping harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, ia juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat atau media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara efektifdan efisien, sehingga tujuan penyampaian pesan dapat tercapai.

Para komunikator sebaiknya mengetahui bagaimana menempatkan kata yang mampu membentuk suatu arti atau makna, bagaimana mengubah situasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan, bagaimana mengajak peserta untuk berperan aktif dalam diskusi, bagaimana menyisipkan humor (lelucon) yang mampu menghidupkan suasana, bagaimana menyiapkan atau mengatur ruangan yang mampu menghidupkan diskusi, serta bagaimana memilih media komunikasi secara tepat, apakah melalui media tulisan (written) atau lisan (oral ). Di samping itu, mereka juga dapat menggunakan gerakan-gerakan isyarat ataupun bahasa tubuh untuk memperkuat penyampaian pesan-pesan bisnis.

Pada dasarnya ada dua bentuk dasar komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. 


Komunikasi bisnis
Komunikasi bisnis

No comments:

Post a Comment