Saturday, May 25, 2013

Pengertian persediaan (Inventories)



Pengertian persedian sangat tergantung pada jenis operasional pemsahaan. Pada perusahaan dagang persediaan adalah barang-barang yang dibeli dan dijual oieh perusahaan yang bersangkutan tanpa mengadakan perobahan yang berani terhadap barang yang bersangkutan. Dalam pemsahan industry istilah persediaan meliputi persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi Pengertian persediaan berdasarkan PSAK No. 14 butir 4 adalah :

Persediaan meliputi barang  yang dibeli dan disimpan untuk kembali, misalnya  barang dagangan dibeli oleh pengencer untuk dijual kembali, atau pengadaan tanah dan properly lainnya untuk dijual kembali. Persediaan juga mencakupi barang jadi yang telah diproduksi, atau barang dalam penyelesaian yang sedang diproduksi oleh perusahaan, dan termasuk bahan Serta perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi.

Dalam perusahaan industri persediaan yang dimilikinya dapat dibagi sebagai berikut :

1. Persediaan Bahan Baku ( Row Material )

Adalah bahan baku yang akan digunakan untuk membuat barang jadi.Bila kita masuk kesebuah perusahaan industri garmen, maka bahan bakunya adalah kain Bila kita masuk kesebuah perusahaan industn Perabot ( Mebel ), maka bahan bakunya adalah kayu.

2. Persediaan Perlengkapan pabrik ( Supplies )

Adalah barang-barang yang mempunyai fungsi melancarkan proses produksi, misalnya oli mesin, bahan pembersih mesin, dan lain-lain.

3. Persediaan bahan Penolong pabrik ( Indirect material ) 

Adalah barang atau bahan yang juga menjadi bagaian dari proses produksi yang nilainya kecil-kecil, misalnya benang dan kancing pada industri garmen, atau paku, mor pada industri perabot.

4. Persediaan Barang dalam proses ( Good In Process )
Adalah bahan baku yang sudah mulai diolah kedalam proses produksi akan tetap bahan baku ini belum selesai dikerjakan, misalnya kain yang baru selesai digunting atau dijahit krahnya pada industri garmen, atau papan yang sudah di serut pada industri perabot.

5. Persediaan barang Iadi ( Finished Good )
Adalah barang-barang yang sudah selesai diproses rnenjadi barang dagang yang siap dijual kepada konsumeno Misalnya, baju atau celana bagi industri garmen, atau lemari, kursi, sofa bagi industry perabot.
Biaya pembelian persediaan meliputi harga pembelian, bea masuk dan pajak lainnya, biaya pengangkutan dan biaya lainnya yang secara langsung dapat diatribusikan pada perolehan barang jadi dan barang  dagangan Potongan pembelian ( Trade Discount ), rabat dan pos lain dapat dikurangkan kedalam nilai perolehan persediaan yang bersangkutan.

Oleh : Hamizar & M.Nuh
Dari buku IIntermediate Accounting 
Penerbit Fajar 2008

No comments:

Post a Comment