Wednesday, May 29, 2013

PENGERTIAN ILMU



Menurut filsafat, ilmu merupakan pengetahuan yang diperoleh secara sistematis dan dihasilkan dari suatu proses pemikiran yang ilmiah atau dihasilkan dari suatu penalaran ilmiah. Menurut Yuyun Suryasumantri, ilmu merupakan ekspresi mengenai cara bekerja pikiran sehingga menghasilkan pengetahuan yang memiliki karakteristik rasional dan yang dapat diandalkan. Pendekatan baku yang digunakan dalam proses pemikiran ilmiah adalah yang menggunakan penalaran deduktif dan induktif.

Definisi lain menyatakan, ilmu adalah kumpulan atau akumulasi pengetahuan yang sistematis dan rasional dalam menjelaskan hubungan kausal mengenai objek tertentu berdasarkan pola berpikir ilmiah. Pola berpikir ilmiah adalah yang menggabungkan pemikiran rasional yang ada dalam dunia abstrak (abstract world) dan dunia empiris yang dijumpai dalam dunia nyata (real world).

Pengetahuan merupakan hasil pencerapan indrawi yang menjadi dasar manusia dalam bersikap dan bertindak. Ilmu merupakan bagian pengetahuan yang berfungsi untuk menjelaskan mengenai fakta atau fenomena alam. Machlup (dalam buku Juhaya S. Praja) mengklasifikasikan pengetahuan ke dalam lima klasifikasi sebagai berikut:
1. pengetahuan praktis, yaitu pengetahuan yang berguna untuk mengambil keputusan;
2. pengetahuan intelektual, yaitu pengetahuan yang dapat memenuhi rasa kepenasaran;
3. pengetahuan ringan, yang dapat memenuhi kepuasan emosional dan sejenak;
4. pengetahuan spritual, pengetahuan yang dihubungkan dengan pengetahuan keagamaan tentang Tuhan dan cara-cara untuk keselamatan jiwa; dan
5. pengetahuan yang tidak diinginkan, yang tidak diminati tetetapi pengetahuan itu tiba-tiba diketahui tanpa disengaja.


oleh :prof.dr. Winwin  Yadiati  S.E .,M.Si. .Ak.
dari Buku Teori Akuntansi
prof.dr. Winwin  Yadiati  S.E .,M.Si. .Ak.  dari Buku Teori Akuntansi
Buku Teori Akuntansi


 

No comments:

Post a Comment