Wednesday, April 3, 2013

Tips Belajar Biologi yang Ampuh

Mata pelajaran biologi bagi sebagian orang tampak meyeramkan , namun sebenarnya anda tidak harus seperti itu. Jika Anda mengikuti beberapa langkah sederhana, belajar untuk biologi  tidak akan membuat anda  stress  dan lebih menyenangkan.  Dibawah Saya telah menyusun  beberapa tips belajar biologi agar lebih maksimal dam lebih menyenangkan. Apakah Anda berada di sekolah menengah, sekolah tinggi atau perguruan tinggi, tips-tips ini Mungkin akan menghasilkan hasil!
Tips Belajar Biologi yang Ampuh
Tips Belajar Biologi yang Ampuh



Tips 1

Selalu membaca materi kuliah sebelum kelas dimulai. Kami tahu,  Anda tidak punya waktu, tapi percayalah, itu membuat perbedaan besar.

Tips 2

Biologi, seperti kebanyakan ilmu/ pelejaran sains lainnya, membutuhkan partisipasi aktiv dari para siswa. Sebagian besar dari kita belajar dengan baik ketika kita secara aktif berpartisipasi dalam "topik." Jadi pastikan untuk memperhatiakan pelajaran di sesi laboratorium dan benar-benar melakukan eksperimen. Ingat, Anda tidak akan dinilai pada kemampuan laboratorium pasangan Anda untuk melakukan percobaan, namun Anda sendiri.

Tip 3

Duduklah d kursi paling depan. Sederhana, namun efektif. Siswa yang duduk di kursi depan biasanya akan lebih memperhatikan pelajaran. Keuntungan lain dari duduk paling depan adalah ,Dosen atau guru anda akan mengenal anda, baik nama atau wajah, dan tidak mengenal  anda sebagai salah satu murid yang pernah dia ajar saja. Hal ini sangat berguna jika suatu hari nanti anda membutuhkan rekomendasi dari guru atau dosen anda suatu saat nanti.

Tips 4

Bandingkanlah  catatan biologi anda  dengan  teman anda. Karena kebanyakan ilmu biologi cenderung bersifat abstrak, sehingga meminjam  "catatan teman." Setiap hari setelah pelajaran usai , dengan membandingkan  catatan anda dengan teman Anda, anda dapat mengisi setiap celah yang anda lewatkan saat kelas belangsung. Ingat ….. Dua kepala lebih baik dari satu!

Tips 5

Gunakan "jeda" waktu antara kelas untuk segera meninjau catatan biologi yang baru saja ditulis. Umpanyanya , jika jam pertama adalah biologi dan jam kedua adalah matematika, maka gunakanlah jeda diantaranya untuk melihat kembali catatan anda selagi masih hangat,  jika sudah sampai dirumah, biasanya da beberapa hal dari penjelasan guru yang akan terlewatkan.  

Tip 6

Janaga lakukan SKS ( system kebut semalam) sehari sebelum ujian, Anda harus mulai belajar untuk ujian biologi minimal dua minggu sebelum ujian. Ingat… Lebih baik satu kali banyak disbanding banyak kali satu….! OK..!

Tip 7

Tip ini sangat penting - tetap terjaga di kelas (jangan tidur). Saya telah mengamati terlalu banyak orang tertidur (bahkan mendengkur!) Di tengah-tengah kelas. Osmosis dapat bekerja untuk penyerapan air, tapi itu tidak akan berhasil ketika tiba saatnya untuk ujian biologi…hehehehe….

Tips 8

Menemukan beberapa sumber pelajaran yang lain yang  berguna untuk membantu Anda ketika Anda belajar setelah kelas usai.mencari bahan dari internet misalnya..
Selamat mencoba…Semoga Kalian semua Sukses..!
 

4 comments:

  1. makasih infonya,....
    ,.,.
    Belajar lewat sms

    ReplyDelete
  2. info ini penting sekali. semoga saya diterima di pendidikan biologi setelah lulus dari sma. aamiin

    ReplyDelete