Wednesday, May 29, 2013

AKUNTANSI SEBAGAI ILMU



Akuntansi yang kita pelajari sampai saat ini, diklasifikasikan sebagai bagian dari ilmu sosial. Muncul banyak pertanyaan apakah sebenarnya ilmu tersebut, ada berapa klasifikasi ilmu, apakah akuntansi cocok dikatakan sebagai sebuah ilmu dalam artian ilmu pengetahuan murni, kenapa disebut dengan sebutan teori akuntansi. Sebelum membahas apa itu ilmu, mari kita telaah terlebih dahulu beberapa definisi dari akuntansi itu sendiri. Apabila kita perhatikan telah banyak sekali definisi akuntansi yang diajukan oleh para ahli dan lembaga-lembaga terkait, di antaranya:

-          Defenisi menurut Accounting Principle Board (APB) dalam Statement No. 4 disebutkan:

Akuntansi adalah sebuah kegiatan jasa (service activity) fungsinya adalah untuk memberikan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat finansial, tentang entitas-entitas ekonomi yang dianggap berguna dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi, dalam penentuan pilihan-pilihan logis di antara tindakan-tindakan alternatif.

-          American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) dalam Accounting Terminology          Bulletin No. 1, tahun 1953 rnenyatakan:

Akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokkan dan pengikhtisaran dengan cara yang berarti, atas semua transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan, serta penafsiran hasil-hasilnya.

-          Paul Grady dalam ARS No. 7, AICPA, 1965, mendefenisikan:

Akuntansi merupakan suatu body of knowledge serta fungsi organisasi yang secara sistematik, orisinal dan autentik, mencatat, mengklasiflkasikan, memproses, mengikhtisarkan, menganalisis, menginterpretasikan seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasi entitas akuntansi dalam rangka menyediakan informasi yang berarti yang dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

-          Kieso and Weygandt, menyatakan:
 Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat dan mengomunikasikan kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan.

Dari deflnisi-definisi di atas, dapat kita simpulkan bahwa defmisi yang pertama menekankan pada akuntansi sebagai alat (tools) untuk penyediaan informasi. Definisi yang kedua menekankan pada akuntansi sebagai seni untuk rnencatat, mengelompokkan dan mengikhtisarkan, sampai pada seni menafsirkan hasil dari transaksi keuangan. Sementara deiinisi akuntansi yang ketiga, penekanannya sebagai body of knowledge atau seperangkat pengetahuan yang dihasilkan dari suatu proses pemikiran yang menghasilkan konsep, prinsip, standar, prosedur, teknik dalam rangka menyediakan informasi yang berarti, sebagai pertanggungjawaban manajemen. Sedangkan definisi yang terakhir, penekanannya sebagai sebuah sistem yang mengolah input berupa kejadian-kejadian ekonomi atau transaksi-transaksi bisnis dari satu kesatuan usaha, sedemikian rupa melalui pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, pengikhtisaran, dan pengkomunikasian hasilnya (output) berupa informasi kepada pihak internal dan eksternal. Jadi kalau diperhatikan dari definisi tadi sebenarnya akuntansi dapat dikatakan sebagai seperangkat pengetahuan (body of knowledge).

Menurut filsafat ilmu, pengetahuan (knowledge) merupakan bagian dari ilmu (science), Pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan metode ilmiah dapat dikategorikan kepada pengetahuan yang bersifat ihniah, atau (pengetahuan ilmiah), atau ilmu. Untuk mengatakan akuntansi sebagai suatu ilmu dalam artian ilmu murni masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Memang akuntansi belum dapat dikategorikan sebagai ilmu dalam artian ilmu pengetahuan murni, tetapi akuntansi bukanlah pula semata-mata sebagai pengetahuan teknik dan mekanik yang isinya hanya tentang bagaimana cara mencatat dan menyusun laporan keuangan saja (Suwardjono), tetetapi di dalamnya terdapat konsep-konsep yang fundamental, prinsip dan standar yang dihasilkan dari suatu proses pemikiran yang ilmiah atau menggunakan rnetodologi yang ilmiah.

oleh :prof.dr. Winwin  Yadiati  S.E .,M.Si. .Ak.
dari Buku Teori Akuntansi

prof.dr. Winwin  Yadiati  S.E .,M.Si. .Ak.  dari Buku Teori Akuntansi
Buku Teori Akuntansi


No comments:

Post a Comment