Saturday, May 18, 2013

Pengertian umun demografi

Demografi berasal dari kata demos dan graphein. Demos berarti rakyat, masyarakat atau penduduk dan Graphein berarti lukisan atau citraan. Jadi demografi dapat diartikan sebagai lukisan atau citraan tentang rakyat atau penduduk / masyarakat banyak. Defenisi telah dikemukakan para ahli, diantaranya dikemukakan oleh Donal J Bogue dalam bukunya yang berjudul Principle Of Demography , yang mengatakan: Demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistic dan matematika dasar, komposisi dan distribusi penduduk serta perubahan perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya 5 komponen yaitu kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), perkawinan, migrasi dan mobilitas social.

Defenisi lain di kemukakan oleh Philip M. Hauser dan DudleyDuncan sebagai berikut: demografi mempelajari tentang jumlah, pesebaran territorial, dan komposisi penduduk dan perubahan perubahannya serta sebab sebab perubahan itu.

Dari defenisi yang telah dikemukakan, dapat dikatakan bahwa demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang penduduk manusia terutama yang menyangkut besar struktur ( komposisi) dan perkembangannya serta hubungannya satu sama lain.
(Zakariah, nur dkk. 2012 prodi IPS terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)

No comments:

Post a Comment