Tuesday, May 14, 2013

Pengertian Globalisasi

Sebelum rnengungkapkan pengertian globalisasi, cobalah kalian rnengamati segala sesuatu yang ada di sekitar kalian. Kalian pasti akan  menemukan banyak nal. Kalian menemukan  banyak orang yang sudah menggunakan telepon  genggam, atau bahkan kalian sendiri sudah memegang telepon genggam (handphone).
Cobalah kalian ciatang ke pasar swalayan, bahkan di penjual buah di pinggir jalan. Anda akan rnenemukan berbagai macam buah buahan dari Iuar negeri. Misalnya ada apel merah dari Washington, anggur merah, kelengkeng, buah pir Cina, pisang Cavendish. Kalau  kalian perhatikan sebagian besar semua itu didatangkan dari negara lain. Belum lagi kalau diperhatikan berbagai jenis makanan, kalian akan menemukan California Fried Chicken, Kentucky Fried Chicken, Mc Donald’s, dan. Pizza Hut. Itu semua baru sekedar sedikit contoh yang dapat diungkap.

Jenis-jenis makanan' itu bukan manakanan khas Indonesia, narnun merupakan jenis makanan yang datang dari negara lain. Masih banyak contoh Iainyang kalian dapat mencari dan menemukannya. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apa arti semua itu ?

Jika kita telusuri lebih jauh, sernua gejala tersebut sesungguhnya menunjukkan bahwa rnasyarakat tempat kita hidup tidak dapat dilepaskan dari pengaruh kehidupan masyarakat kita yang lebih iuas dan besar, yaftu masyarakat duniaf Dari gambaran yang berkenaan dengan alat komunikasi telepon genggam, buah-buahan maupun berbagai jenis makanan tersebut, rnenandakan, bahwa Sesungguhnya kita tidak dapaf melepaskan diri dari keterikatan dengan bangsa atau negara lain. Beredarnya berbagai produk suatu negara- di negara lain menandakan, bahwa antara negara satu dengan negara lain di dunia ini berada dalam saling dan saling ketergantungan.

Selanjutnya perhatikan gambar dibawah ! Cobalah cermati, gambar apakah itu? Jawaban kalian pasti benar, yaitu gambar bola dunia, atau globe. Pada masa kini apa yang terjadi di bagian lain dari belahan dunia ini akan dengan mudah dapat diketahui oleh negara yang ada di belahan dunia lainnya. Apa yang dihasilkan oleh suatu negara akan dengan mudah sampai di negara lain. Semua 'karena adanya satelit komunikasi dengan melalui teleconference, hand phone dan internet serta adanya alat transportasi yang cepat  yaitu pesawat udara. Sernua itu merupakan beberapa faktor yang mempercepat terjadinya globalisasi. Dari berbagai gambaran di muka kalian dapat merurnuskan, apa yang dimaksud dengan globalisasi.
 

Untuk mencocokkan apakah rumusan kalian benar atau kurang benar, kajilah beberapa pengertian mengenai globalisasi berikut ini.

a. Globaliasi dapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
b. Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial, berupa bertarnbahnya keterkaitan di antara dan elemenelemennya yang terjadi akibat dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan kornunikasi yang mernfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.
c. Globalisasi adalah proses, di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
d. Globalisasi adalah proses meningkatnya aliran barang, jasa, uang dan gagasan melintasi batas-batas negara. e. Globalisasi adalah proses di mana perdagangan, informasi dan budaya sernakin bergerak melintasi batas negara.
f. Globalisasi adalah meningkatnya saling keterkaitan di antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik, dan pertukaran kebudayaan.
g. Globalisasi merupakan gerakan Menuju terciptanya pasar atau kebijakan yang melintasi batas nasional.

Sartono Kartodirjo berpendapat bahwa proses globalisasi sebenarnya rnerupakan gejala sejarah yang telah ada sejak jaman prasejarah. Beberapa contoh antara lain bangsa-bangsa dari Asia ke Eropa, ke Amerika, dari Asia ke Nusantara, dan lain-lain. Berdasarkan tinjauan sejarah, Indonesia sebenarnya telah lama mengalami proses globalisasi.

Peristiwa-peristiwa dalam sejarah dunia yang meningkatkan proses globalisasi . antara lain adalah:. 

a. Ekspansi Eropa dengan  navigasi dan perdagangan.
b. Revolusi industri yang  mendorong pencarian    pasaran hasil industri.
c. Pertumbuhan kolonialisme dan imperialisme.
d. Perturnbuhan kapitalisme.
e. Pada masa pasca Perang Dunia II meningkatlah telekomunikasi Serta transportasi mesin jet. 

Kalian pasti juga sudah tahu sekarang ini globalisasi berkembang dalam skala yang luas, dan dipercepat oleh mengalirnya arus informasi secara bebas.

No comments:

Post a Comment