OLEH :DRS DJOKO PURWANTO, M.B.A
Sebelum membahas tentangbentuk
dasar komunikasi, terlebih dahulu kim perlu memahami tentang apa yang dimaksud
dengan kornunikasi dan komunikasi bisnis itu sendiri.
Menurut William C. Himstreet clan
Wayne Murlin Baty dalam Business Communications Principles
and Methods, komunikasi adalah suatu
proses Pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim)
baik dengan symbol symbol , sinyal
sinyal maupun tindakan. Pengertian komunikasi ini paling tidak melibatkan
dua orang atau lebih dengan menggunakan Cara-Cara berkornunikasi yang biasa
dilakukan oleh seseorang , sepetri melalui lisan, tulisan, maupun sinyal-sinyal
nonverbal.
Sementara itu, komunikasi bisnis
berbeda dengan kornunikasi antarpribadi J laupun komunikasi lintas budaya.
Komunikasi antarpribadi (interpersonal fi lmmunieeztionsj merupakan bentuk
komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari antara dua orang atau Iebih untuk mencapai tujuan
tertentu. Sedangkan komunikasi lintas
budaya (intercultural/cross-cultural
communication) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau
lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda. Secara sederhana dapat
dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi
bisnis adalah kornunikasiyang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup
berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi
verbal maupun non verbal
Dalam dunia bisnis, seorang
komunikator yang baik tentu saja di samping harus memiliki kemampuan
berkomunikasi yang baik, ia juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat
atau media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada
pihak lain secara efektifdan efisien, sehingga tujuan penyampaian pesan dapat tercapai.
Para komunikator sebaiknya
mengetahui bagaimana menempatkan kata yang mampu membentuk suatu arti atau
makna, bagaimana mengubah situasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan,
bagaimana mengajak peserta untuk berperan aktif dalam diskusi, bagaimana
menyisipkan humor (lelucon) yang mampu menghidupkan suasana, bagaimana
menyiapkan atau mengatur ruangan yang mampu menghidupkan diskusi, serta
bagaimana memilih media komunikasi secara tepat, apakah melalui media tulisan
(written) atau lisan (oral ). Di samping itu, mereka juga dapat menggunakan
gerakan-gerakan isyarat ataupun bahasa tubuh untuk memperkuat penyampaian
pesan-pesan bisnis.
Pada dasarnya ada dua bentuk
dasar komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi
verbal dan nonverbal.
Baca lebih lanjut komunikasi verbal dan nonverbal
Komunikasi bisnis |
No comments:
Post a Comment