Tuesday, July 23, 2013

Manajemen pengambilan Keputusan : Solusi dalam Menyelesaikan Berbagai Masalah di Bidang Pengambilan Keputusan



Ada beberapa solusi secara umum yang dapat dilaksanakan untuk menyelesaikan persoalan atau membuat suatu Keputusan menjadi jauh Iebih baik, yaitu:

Menerapkan konsep Keputusan yang cenderung hati-hati dan memikirkan setiap dampak yang akan timbul secara jangka pendek dan panjang.

Menempatkan setiap Keputusan berdasarkan alasan-alasan yang bersifat representatif. Artinya keputusan yang dibuat tidak dilandaskan karena keinginan satu pihak saja, namun berdasarkan keinginan berbagai pihak. Sehingga pertanggungjawaban keputusan tersebut bersifat perlibatan yang menyeluruh.

Menghindari pengambilan keputusan yang bersifat ambigu, Keputusan yang bersifat ambigu artinya Keputusan bersifat tidak jelas dan tidak tegas_,Sehingga para pihak baik karyawan dan Iainnya sulit untuk memahami maksud dari Keputusan tersebut.

Setiap Keputusan yang dibuat oleh seorang pimpinan di sebuah perusahaan berdasarkan pada pertimbangan 4 (empat) fungsi manajemen. Dengan pertimbangan empat fungsi manajemen ini diharapkan Keputusan yang dibuat menjadi Iebih seimbang (balance).

Tabel: Metode llmiah dan Pengambilan Keputusan Manajemen
1.       Metode llmiah
Pengambilan Keputusan Manajemen
2.       Rumuskan/definisikan
Rumuskan persoalan Keputusan
3.       persoaan
Kumpulkan informasi
4.       Lakukan penelitian
Cari alternatif tindakan
5.       Kembangkan hipotesis
Lakukan analisa alternatif yang visibel
6.       Uji hipotesis
Pilih alternatif terbaik
7.       Analisis hasil
Laksanakan Keputusan dan
evaluasi hasil

No comments:

Post a Comment