Ada beberapa solusi secara umum
yang dapat dilaksanakan untuk menyelesaikan persoalan atau membuat suatu
Keputusan menjadi jauh Iebih baik, yaitu:
Menerapkan konsep Keputusan yang
cenderung hati-hati dan memikirkan setiap dampak yang akan timbul secara jangka
pendek dan panjang.
Menempatkan setiap Keputusan
berdasarkan alasan-alasan yang bersifat representatif. Artinya keputusan yang
dibuat tidak dilandaskan karena keinginan satu pihak saja, namun berdasarkan
keinginan berbagai pihak. Sehingga pertanggungjawaban keputusan tersebut
bersifat perlibatan yang menyeluruh.
Menghindari pengambilan keputusan
yang bersifat ambigu, Keputusan yang bersifat ambigu artinya Keputusan bersifat
tidak jelas dan tidak tegas_,Sehingga para pihak baik karyawan dan Iainnya
sulit untuk memahami maksud dari Keputusan tersebut.
Setiap Keputusan yang dibuat oleh
seorang pimpinan di sebuah perusahaan berdasarkan pada pertimbangan 4 (empat)
fungsi manajemen. Dengan pertimbangan empat fungsi manajemen ini diharapkan
Keputusan yang dibuat menjadi Iebih seimbang (balance).
Tabel: Metode llmiah dan
Pengambilan Keputusan Manajemen
1.
Metode llmiah
|
Pengambilan Keputusan Manajemen
|
2.
Rumuskan/definisikan
|
Rumuskan persoalan Keputusan
|
3.
persoaan
|
Kumpulkan informasi
|
4.
Lakukan penelitian
|
Cari alternatif tindakan
|
5.
Kembangkan hipotesis
|
Lakukan analisa alternatif yang visibel
|
6.
Uji hipotesis
|
Pilih alternatif terbaik
|
7.
Analisis hasil
|
Laksanakan Keputusan dan
evaluasi hasil
|
No comments:
Post a Comment