Monday, July 22, 2013

Manajemen pengambilan Keputusan : Definisi dan Tahap-tahap Pengambilan Keputusan



Definisi Keputusan 

Keputusan adalah proses penelusuran masalah yang berawal dari Iatar belakang masalah, identifikasi masalah hingga kepada terbentuknya kesimpulan atau rekornendasi Rekomendasi itulah yang seianjutnya dipakai dan digunakan sebagai pedoman basis dalam pengambilan Keputusan. Oieh karena itu, begitu besarnya pengaruh yang akan terjadi jika seandainya rekomendasi yang dihasiikan tersebut terdapat kekeliruan atau adanya kesalahan-kesalahan yang tersembunyi karena faktor ketidakhati-hatian dalam melakukan pengkajian masalah.

Tahap-tahap Pengambilan Keputusan

Guna memudahkan pengambilan Keputusan maka periu dibuat tahap- tahap yang bisa mendorong kepada terciptanya Keputusan yang diingin-kan. Adapun tahap-tahap tersebut adalah:

a. Mendefinisikan masalah tersebut secara jeias dan gamblang, atau mudah untuk dimengerti
b. Membuat daftar masalah yang akan dimuncuikan, dan menyusunnya secara prioritas dengan maksud agar adanya sistematika yang Iebih terarah dan terkendali.
c. Melakukan identifikasi dari setiap masaiah tersebut dengan tujuan untuk iebih memberikan gambaran secara Iebih tajam dan terarah secara Iebih spesifik.
d. Memetakan setiap masaiah tersebut berdasarkan kelompoknya masing-masing yang kemudian selanjutnya dibarengi dengan menggunakan model atau alat uji yang akan dipakai e. Memastikan kembali bahwa alat uji yang dipergunakan tersebut telah sesuai dengan prinsip-prinsip dan kaidah-Kaidah yang berlaku pada umumnya.

Di sisi lain Simon (1960) mengatakan, pengambilan Keputusan berlangsung melalui empat tahap, yaitu:

1.       intelligence,
2.       design
3.       choice, dan
4.       implementasi

Secara Iebih dalam beliau menegaskan bahwa, “Intelligence adalah proses pengumpulan informasi yang bertujuan mengidentifikasi permasalahan. Design adalah tahap perancangan solusi terhadap masalah. Biasanya pada tahap ini dikaji berbagai macam alternatif pemecahan masalah. Choice adalah tahap mengkaji kelebihan dan kekurangan dari berbagai macam alternatif yang ada dan memilih yang terbaik_ Implementation adalah tahap pengambilan Keputusan dan meIaksanakannya”.  



No comments:

Post a Comment