Wednesday, February 27, 2013

Arti Pentingnya Hubungan dan Kerja Sama lnternasional

Bagi suatu negara, hubungan dan kerja sama intemasional sangat penting. Menurut Mochtar Kusumaatrnadja (1982), hubungan dan kerja sama tersebut timbul karena adanya kebutuhan yang disebabkan antara lain oleh pembagian kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata di dunia. Dengan demikian, ada saling ketergantungan dan membutuhkan antarbangsa. Ketergantungan terjadi di berbagai bidang kehidupan baik perdagangan, kebudayaan, ilmu pengetahuan keagamaan, sosial, maupun olahraga. Hal itu mengavkibatkan timgbulnya hubungan yang tetap dan terus-menerus antarbangsa, yang menumbuhkan kesadaran untuk memelihara dan mengatur hubungan tersebut. Karena sifatnya timbale balik, ada kepentingan bersama untuk memelihara dan mengatur hubungan yang bermanfaat.

Pengaturan itu dimaksudkan agar tumbuh rasa persahabatan dan saling pengertian antarbangsa di dunia. Di samping itu, hubungan dan kerja sama internasional juga penting untuk kepentingan-kepentingan berikut
  1.  Memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damail dan adil dengan bangsa lain
  2. Mencegah dan menyelesaikan konflik, perselisihan, permusuhan atau sengketa yang mengancam
  3. perdamaian dunia sebagai akibat adanya kepentingan nasional yang berbeda di antara bangsa dan negara di dunia.
  4. Mengembangkan cara penyelesaian masalah secara damai melalui perundingan dan diplomasi yang Iazim ditempuh negara-negara beradab, cinta damai, dan berpegang kepada nilai-nilai etik dalam pergaulan antarbangsa. 
  5. Membangun solidaritas dan sikap saling menghormati antarbangsa.
  6. Membantu bangsa lain yang terancam keberadaannya sebagai akibat atas pelanggaran atas hak-hak kemerdekaan yang dimiliki.
  7. Berpartisipasi dalam rangka ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
  8. Menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, kelangsungan keberadaan dan kehadirannya di tengah bangsa-bangsa Iain.
(CITRA PISTAKA, KARTASURA - SURABAYA)

No comments:

Post a Comment