Tuesday, February 26, 2013

Sikap terhadap Kerja Sama dan Perjanjian Internasional

Sikap terhadap Kerja Sama dan Perjanjian Internasional
Kerja sama dan perjanjian intemasional yang dilakukan Indonesia selalu dibertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan rakyatnya untuk mewujudkan tujuan nasionalnya. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya dan seharusnya kita mendukung berbagai kerja sama dan perjanjian intemasional yang bermanfaat bagi Indonesia. Bangsa Indonesia dan termasuk kita didalamnya mempunyai kewajiban untuk memberikan dukungan-dukungan sebagai berikut.

1.       Sikap Tidak Memihak

Bangsa Indonesia tidak mau mengikatkan diri pada salah satu pakta pertahanan dunia. Hal ini dikarenakan 'Indonesia tidak ingin teriibat hanya dalam satu pihak atau bergabung dalam satu kekuatan tertentu melainkan ingin bersikap netral. Seperti contohnya pada waktu berdirinya Indonesia, Indonesia dapat bersikap mandiri, dan tidak terikat pada siapapun.

2.       Perduli dan Mendukung Kegiatan Mewujudkan Perdamaian Dunia

Indonesia selalu berusaha mendukung dan berperan serta dalam menjaga perdamaian dunia. Hal yang dilakukan oieh bangsa Indonesia dalam berpartisipasi mempertahankan perdamaian dan kesejahteraan dunia dapat ditujukan seperti berikut.

a. Indonesia memberikan bantuanmateri dalam berbagai bencana aiam yang terjadi di Negara - negara Iain.

b. Indonesia mengirimkan kontingen garuda Indonesia untuk bergabung dengan pasukan perdamaian, seperti misi perdamaian di Kongo, Kamboja dan Vietnam.

3. Mendukung Perjuangan Dekolonisasi

Dengan sikap teguh dan konsisten Indonesia berusaha memberikan dukungan terhadap perjuangan bangsa Palestina menjadi negara yang merdeka.

4. Membina dan Bekerja Sama dengan Negara-Negara Lain di Dunia

Indonesia selalu berusaha membina persahabatan dan kerja sama dengan negara-negara Iain. Kerja sama ini dilandasi dengan sikap tidak membeda-bedakan status ataupun derajat antar negara-negara di dunia, seperti contohnya Indonesia tidak hanya bersahabat dengan Negara liberal namun juga dengan negara komunis, dan Indonesia tidak hanya bekerja sama dengan negara maju, namun juga dengan negara berkembang.

5. Sikap Terbuka dalam Kerja Sama Internasional

Indonesia tidak menutup diri dalam menerima bantuan dari negara Iain. Apabila bantuan yang diberikan negara Iain tersebut bermanfaat bagi Indonesia maka dapat diterima dengan tangan terbuka. Berikut ini bantuan yang pemah diberikan negara Iain untuk untuk menyelesaikan masalah di Indonesia.
a. Untuk membantu Indonesia dalam menyelesaikan konflik antara Indonesia - Belanda pada ‘ masa perang kemerdekaan, PBB pada tahun 1949 membentuk United Nation Commission for Indonesia (UNCI).
b. Untuk membantu menyelesaikan masalah Irian Barat, PBB pada tahun 1962 membentuk United Nation Temporary Excecutive Authority (UNTEA) c. Untuk membantu Indonesia menyelesaikan tuntutan kemerdekaan oieh rakyat Timor Timur, PBB pada tahun 1999 membentuk UNAMET.

No comments:

Post a Comment