Saturday, February 16, 2013

SISTEM AKUNTANSI

Untuk mengenal lebih jauh sosok akuntansi yang merupakan alat bantu manajemen, maka perlu diketahui siklus, sistem atau proses akuntansi sebagai dasar yang sangat panting dalam melahirkan dan memproduksl laporan keuangan. Tahapan prosedur akuntansi ini kila jelaskan sebagai berikut, 

- Transaksi/BuktiYang dimaksud dengan lransaksl adalah setiap kejadian yang mengubah posisi keuangan (Asel, Ulang, dan Modal) hasil usaha (Penghasilan dan Biaya) perusahaan/lembaga Transaksilah yang dicalat dalam proses akuntansi. 

- Buku Harian jurnalBuku harian jurnal mi sekaligus menggolongkan transaksi mana yang dikelompokkan memengaruhi perkiraan debet dan mana yang digolongkan sebagai yang akan memengaruhi perkiraan sebelah kredit. Kegiatan ini merupakan awal dari proses akuntansi, 

- Buku Besar (Ledger)Buku besar ini merupakan tempat menampung seluruh transaksi yang Lelah diklasifikasikan melalui jurnal jadi seluruh jurnal dimasukkan sesuai kelasnya ke dalam buku besar dengan cara memindah bukukan semua jurnal (posting) ke buku besar tadi.

- Neraca Lajur (Work Sheet)Untuk menyusun laporan keuangan biasanya dibual neraca lajur unluk memudahkan penyusunan laporan keuangan tadi. Neraca lajur rnempunyai beberapa lajur yang masing-masing dapat dipakai yaitu ada yang terdiri dan 8 lajur, 10 lajur atau 12 lajur yang masing-masing berisi jenis laporan yang akan dibuat. Berdasarkan neraca lajur maka kita dapat dengan mudah menyusun Iaporan keuangan karena data dan bahannya sudah ada tinggal memasukkannya ke dalam format laporan yang sudah lersedia. Pembuatan neraca lajur ini tidak mutlak. Kita dapat menggunakan dan dapat juga tidak menggunakannya. Kemajuan komputer sebagai pengolah data memungkinkan kita udak perlu lagi menggunakan neraca lajur ini atau bahkan jurnal dan buku besar sekalipun tidak perlu digunakan. Namun ilmu akuntansi itu sendiri mutlak ada dan seluruh fungsinya belum dapat digeser oleh komputer.

Diambil dari buku ANALISI KRISTIS ATAS LAPORAN KEUANGAN 
yang ditulis oleh SOFYAN SYFARI HARAHAP
buku ANALISI KRISTIS ATAS LAPORAN KEUANGAN   yang ditulis oleh SOFYAN SYFARI HARAHAP
ANALISI KRISTIS ATAS LAPORAN KEUANGAN

No comments:

Post a Comment