Wednesday, February 27, 2013

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian tindak kelas (PTK) sudah dikenal lama dalam dunia pendiclikan. lstilah dalam bahasa Inggeris adalah Classroom Actidn Research (CAR). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru dan dnsen di kelas sekolah dan perguruan tinggi) tempat ia mengajar yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas suatu kegiatan ilmiah yang terdiri dari Penelitian +  Tindakan + Kelas.

1) Penelitan merupakan Kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi untuk memperoleh data atau informasi yang bemanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti, 

2) Tindakan merupakan suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan.

3) Kelas merupakan sekelompok peserta didik yang sama dan menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Suharsimi, Arikunto (2006:2-3) menyatakan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan, Hopkins (1993) dalam Wiraatmadja (2007:1 1) mengartikan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk membantu seseorang dalam mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapain tujuan ilmu sosial dan ilmu pendidikan dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersaa. Hopkins (1993) dalam Wiraatmadja (2007:12) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah kajian yang sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dalarn melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan tindakan tersebut.

Kunandar, 12008) Penelitian Tindakan (Action Research) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Guru atau Bersama-sama dengan Orang Lain (Kolaborasi) yang Bertujuan untuk Memperbaiki/Meningkatkan Mulu Proses Pembelajaran di Kelasnya. 

Berbagai pengertian dari para pakar, dapat penulis ringkaskan bahwa, Penelitian Tindakan Kelas (P T K) adalah suatu kegiatan penelitian ilmiah yang dilakukan secara rasional, sistematis dan empiris reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru atau dosen (tenaga pendidik), kaloborasi (tim peneliti) yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi pembelajaran yang dilakukan. Sementara itu, dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diantaranya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan atau pangajaran yang diselenggarakan oleh guru dan dosen/ pengajar-peneliti ilu sendiri, yang dampaknya diharapkan tidak ada lagi permasalahan yang mengganjal dalam proses pembelajaran di kelas.

diambil dari buku
 PENELITIAN TINDAKAN KELAS oleh Dr. Iskanadar, M.Pd

PENELITIAN TINDAKAN KELAS oleh Dr. Iskanadar, M.Pd
PENELITIAN TINDAKAN KELAS 

No comments:

Post a Comment