Tuesday, February 19, 2013

Unsur Penting dari Laporan rugi/Laba

Di samping ingin mengetahui posisi keuangan perusahaannya, para pihak pengelola/pemilik perusahaan tentunya juga ingin mengetahui jumlah keuntungan yang diperolehnya selama masa tertentu. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah Iaporan rugi/Iaba.

Dalam Iiteratur akuntansi, Iapolan rugi/Iaba diturunkan dari istilah profit and lost statement, operations statement atau income statement, Jadi Laporan Rugi/Laba adalah Iaporan ringkas tentang jenis dan jumlah pendapatan atau basil penjualan yang diperoleh perusahaan selama periode tertentu, biaya selama masa itu dan keuntungan atau kerugian yang diderita selama periode tersebut (misalnya= satu bulan, per kuartal, per tahun, dsb).

Laporan rugi Iaba terdiri dari penghasilan utama (operating revenue/ sales), harga pokok penjualan (cost of goods sold), biaya usaha (operating expenses), penghasilan atau biaya di luar operasi pokok (other income and expenses atau nonoperating) dan pos-pos insidental atau pos Iuar biasa (extraordinary items). Penghasilan utama (revenue) Penghasilan utama dari perusahaan dagang, jasa abau industri adalah berupa hasil penjualan barang atau jasa kepada pembeli atau hasli produksi perusahaan.

Harga pokok penjualan (cost of goods Sold)Perkiraan ini terdapat pada perusahaan dagang, yaitu harga pokok barang dagangan yang dibeli dan kemudian berhasil dijual selama satu periode akuntansi. Untuk perusahaan industri harga pokok penjualan meliputi ongkos - ongkos dasar bahan baku, tenaga kerja dan ongkos pabrik yang telah dikeluarkan dalarn proses pembuanan barang yang kemudian berhasil dijual selama satu periode akuntansi. 

BiayaUsaha (Operating Expenses)
  Biaya yang timbul sehubungan dengan penjualan atau pemasaran barang dan jasa serta biaya yang timbul sebagai akibat dari fungsi administrasi dan umum dari perusahaan yang bersangkutan. Biaya usaha ini umumnya dibagi 2, yaitu
- Biaya Penjualan / Pemasaran (selling expenses)
- Biaya Umum dan Administrasi (General and Administration expenses)
Penghasilan dan biaya diluar operasi pokok (Other income and Expenses)Biaya atau penghasilan yang tidak ada hubunganannya dengan operasi utama perusahaan atau tidak bersifat berkelanjutan. 

Pos-pos Insidentil (extraordinary Items) 

Adalah transaksi-transaksi yang jarang sekali dilakukan oleh perusahaan. 

PANDUAN PRAKSTIS DASAR ANALISA LAPORAN KEUANGAN  DITULIS OLEH ARIIEF SUGIONO DAN EDY UNTUNG
PANDUAN PRAKSTIS DASAR ANALISA LAPORAN KEUANGAN

sumber : diambil dari buku PANDUAN PRAKSTIS DASAR ANALISA LAPORAN KEUANGAN
DITULIS OLEH ARIIEF SUGIONO DAN EDY UNTUNG



2 comments: