Monday, March 18, 2013

KONSEP KEWIRAUSAHAAN



KONSEP KEWIRAUSAHAAN
KONSEP KEWIRAUSAHAAN

Konsep kewirausahaan pada hakikatnya sudah muncul sejak zaman dahulu kala. Bahkan pada era Nabi Muhamad, konsep kewirausahaan sudah banyak dipraktikkan oleh para sahabatnya seperti Abu Bakar Ash Shiddiq, Usman Bin Affan, Abdurahman bin Auf. Bahkan, Istri Nabi SAW yang bernama Khodijah binti Khuwailid awalnya adalah seorang Wirausaha sukses yang terkenal karena kejujurannya 

Setelah berkembang dan menyebarnya ilmu pengetahuan ke berbagai belahan dunia, konsep dan jiwa wirausaha pun berkembang dan menyebar ke berbagai negara Eropa dan Amerika. Pada Abad ke-17 seorang bankir dari Perancis yang bemama John Law membuka perj anjian waralaba perdagangan di daerah baru yang kemudian disebutAme1ika. Nama perusahaannya adalah Missisipi Company.
Istilah entrepreneurshzp baru mulai terkenal dalam kosakata bisnis pada tahun 1980-an, walaupun istilah entrepreneurshzp telah muncul pada abad ke 18 ketika ekonom Perancis Richard Cantillon mengaitkan entrepreneur dengan aktivitas menanggung risiko dalam perekonomian.

Kata entrepreneur berasal dari bahasa Perancis, entre berarti 'antara' dan prendre berarti 'mengambili Kata ini pada dasarnya digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang berani mengambil risiko dan mernulai sesuatu yang baru.

Di Indonesia, motivasi berwirausaha sudah banyak pula dipraktikkan oleh para pelopor. Mereka telah merintis usaha mandiri untuk dapat menghidupi kebutuhan hidupnya secara layak dan berhasil, bahkan memberikan berbagai lapangan kerja bagi banyak orang. Sebutlah misalnya beberapa pengusaha sukses masa lalu yang sampai kini masih dapat menjaga bahkan mengembangkan kelangsungan bisnisnya, seperti Ciputra. Pria kelahiran Parigi (suatu daerah dekat Gorontalo Sulawesi) 78 tahun yang lalu telah merintis usaha dari kecil dan sederhana sampai kini menjadi kerajaan bisnis yang begitu besar yang tergabung di bawah Grup Ciputra, ditambah sebuah Universitas besar yang bemama Universitas Ciputra, kemajuan ini menjadikan Ciputra Grup sebagai suatu kelompok usaha yang begitu lengkap.

Kewirausahaan memang terbukti banyak memberikan sumbangan yang besar bagi masyarakat serta pemerintah di dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi masyarakat, seorang Wirausaha yang berhasil dapat menyediakan banyak lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran dan tentunya dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Seorang wirausaha juga dapat menghasilkan produk, j asa, atau inovasi-inovasi bam yang sangat bermanfaat baik banyak orang karena dapat menj adi alat pemuas kebutuhan atau keinginan

Indonesia, negeri yang kaya akan berbagai surnber daya alam, sehamsnya dapat hidup mandiri dan sejahtera. Jika banyak wirausaha yang dapat mengelola kekayaan alamnya secara mandiri. Namun kenyataaannya surnber daya alam yang melimpah ruah yang dahulu disebut j amrud katulistiwa ini justru banyak diambil dan di kuasai oleh pihak asing. Wirausaha dan perusahaan luar bemsaha dengan banyak cara untuk rnenguasai dan mengolah sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan mereka. Rakyat Indonesia tampaknya cukup bangga hanya dengan disebut karyawan atau pegawai dari suatu pemsahaan asing yang ada di Indonesia.
 
Akibatnya yang terjadi, sebagian besar hasil sumber daya alam dibawa ke luar, sementara hanya sebagian kecil saja yang dinikmati penduduk pribumi. Sehingga, walaupun Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alam, namun di antara negara-negara di dunia ini masuk ke dalam kelompok negara-negara dunia ketiga alias negara-negara tidak maju. Sekali lagi, ini antara lain disebabkan oleh banyak sumber daya alam Indonesia di serap oleh pihak luar, sementara di Indonesia sendiri rakyat hanya mendapat sisa-sisa kekayaan tersebut. Akibat lebih tragis lagi adalah pengangguran, baik pengangguran terdidik maupun pengangguran ti dak terdidik.
Sekarang percanyaannya adalah bagaimana mengatasi pennasalahan tersebut? Salah satu cara yang rnenurut penulis cukup tepat untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak wirausaha yang memiliki kemampuan untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya di burni Indonesia yang kita cintai ini. Dengan demikian, rnencetak Wirausaha-wirausaha bam yang terampil merupakan suatu kebutuhan mendesak bagi negara Indonesia untuk dapat menyelamatkan kekayaan negeri ini.


Sumber: diambil dari buku ENTREPRENEURSHIP
OLEH  DR. SYAHRIAL YUSUF ,M.M
Nikmatnya Menjadi Pengusaha
 

No comments:

Post a Comment