Monday, March 25, 2013

Mengajari Anak Berbahasa Inggris Dengan Mudah



Meskipun benar bahwa anak-anak menyerap bahasa kedua seperti layaknya sebuah spons, namun anda dapat membantu mempercepat akuisisi  (pemerolehan) bahasa Inggris mereka melalui teknik pengajaran bahasa Inggris yang populer. Ini termasuk pada anak bertipe kinestetik ,audio, visual, dan bahkan kecerdasan atau fisik untuk memperkaya kosakata dan mendorong praktek mereka dalam berbicara (speaking). Kita tahu parst bahwa dunia anak adalah dunia permainan, oleh karnanya  permainan dapat membantu mengembangkan kemampuan berhahasa mereka. Dan yang terpenting adalah, mencoba dan membuat proses belajar yang  menyenangkan.

Mengajari Anak Berbahasa Inggris Dengan Mudah
Mengajari Anak Berbahasa Inggris Dengan Mudah
 Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda coba..!

Langkah 1
Cobalah menggunakan  buku bergambar atau kartu  foto hewan, pakaian, pekerjaan, atau bagian tubuh manusia. Penamaan objek dalam gambar membantu anak belajar untuk label (menanadai) benda sederhana dan juga tindakan. Kemudian dalam proses pembelajaran, juga sangat berguna jika kita meminta anak untuk menceritakan kembali kisah-kisah familiar, seperti dongeng, dengan menggunakan gambar. Dorong anak untuk menggambar, seperti anggota keluarga, atau benda. Saat ia menggambar apa yang dia suka, ajukan pertanyaan agar si anak menceritakan kisah tentang apa yang ia sedang gambar. Contohdengan bertanya “what are you drawing?” anak menjawab”Uncle” Pastikan untuk mengulang kata-kata baru tersebut bersama-sama setiap hari, dan selaulah beri pujian ketika anak menjawab dengan benar.

Langkah 2
Bermain game ini untuk mendorong anak berkonsentrasi untuk mengingat nama benda sekolah, hewan, item pakaian, atau jenis transportasi. Marbles atau permainan Candyland dapat membantunya belajar tentang warna. Bermain game kartu, seperti ikan , ular ,kelinci atau binatang lainnya, sehingga anak dapat mebuat pertanyaan tantang gambar yang ada di kartu tersebut , contoh: Do you have a doll, a bear, or a house?  Anda bisa mnemukan kartu kartu seperti ini  di internet, bahkan anda juga bisa menemukan kamus bergambar di internet.

Langkah 3
Mendengarkan lagu anak-anak  baik  klasik ataupun populer, dengan  menggunakan CD audio, ini mendorong anak untuk bernyanyi atau berbicara bersama dengan vokalis. hal ini dapat membantu anak menginternalisasi frase dan membuat/membagun kalimat juga mengembangkan kepercayaan diri untuk berbicara bahasa Inggris, seperti yang di ungkapkan Mark Lowe dalam bukunya "Language and Music," artikelnya yang membahas paralel antara kedua media. Ini akan membangun kosa kata dasar anak.  Dan pada akhirnya, ketika anak  membaca sebuah cerita, mainkan juga versi audionya (terkadang ada bahan bacaan yang menyediakan versi audio nya, atau anda bisa menggunakan Software pembaca tulisan seperti Balabolka) sebagai alat pendukung. Tak masalah bagi anak untuk mengulang 2 atau 3 kali ketika anak mempelajari bahasa baru

Langkah 4
Melakukan permainan fisik yang memiliki komponen bahasa, seperti "Simon Says." Berikan anak instruksi sederhana yang bisa ia meniru saat Anda melakukan tindakan tersebut, dengan menggunakan lengan dan tangan, kaki, dan kaki contoh katakanlah “Simon Says touch your Knee” lalu anda menyentuh lulut anda, ulangi beberapa kali sengigga anak pahan bahwa “knee” yang anda sentuh ada “lutut” lakukan juga untuk bagian tubuh yang lain. Lebih baik lagi jika menggunakan lagu seperti "Head and Shoulders, Knees and Toes"(Kepala dan Bahu, Lutut dan jempol kaki) atau "The Pokey Hokey," kata-kata akan menjadi lebih berkesan. Gunakan kata-kata yang paling umum, seperti “Jump” (melompat) bukannya  leap”(lompatan)," untuk menyederhanakan pembelajaran. Dengan  Segera anak dapat memberikan perintah /  instruksi yang sama kepada orang lain.

Semoga langkah langkah yang saya berikan diatas bisa bermamfaat bagi para orangtua/ guru untuk mengajar anak berbahasa inggris dengan mudah :)

No comments:

Post a Comment