Tuesday, March 5, 2013

Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Sistem presidensial (presidensiil), atau disebut juga dangan sistem kongresional, merupakan sistem pemerintahan negara republik di mana kekuasan eksekutif dipilih melalui psmilu dan terpisah dengan kekuasan Iegislatif.

Menurut Rod Hague, pemerinlahan presidensiil terdiri dari 3 unsur yaitu:
1. Presiden yang dipiiih rakyat memimpin pemerintahan dan mengangkat  pejabat pejabat pemerintahan yang terkait.
2. Presiden dengan dewan perwakilan memiliki masa jabatan yang temp, tidak bisa saling menjatuhkan.
3. Tidak ada status yang tumpang tindih antara badan aksekutif dan badan legislatif.

Dalam sistem presidensial, presiden memiliki posisi yang ralatif kuat dan tidak dapat dijatuhkan karena rendah subjektif seperti rsndahnya dukungan politik. Namun masih ada mekanisme unluk mengontrol presiden. Jika presiden melakukan pelanggaran konstitusi, pengkhianatan terhadap negara, dan terlibat masalah kriminal, posisi presiden bisa dijatuhkan, Bila ia diberhentikan karena pelanggaran-pelanggaran tertentu, biasanya seorang wakil presiden akan mengganlikan posisinya. Model ini dianut oleh Amerika Serikat, Filipina, Indonesia, dan sebagian besar negara-negaraAmerika Latin dan Amerika Tengah.Sistem 

pemerintahan parlementer terbentuk karena pergeseran sejarah hegamonia kerajaan. Pergeseran tersebut seringkali dijelaskan kedalam liga fase peralihan, meskipun perubahan dari fase ke fase yang Iain lidak selalu tampak jelas. Pertama, pada mulanya pemerintahan dipimpin oleh seorang raja yang bertanggung jawab atas seluruh sistem politik atau sistem ketatanegaraan. Kedua, Kemudian muncul sebuah majelis dengan anggota yang menentang hegemoni raja. Ketiga, mejalis mengambil ahli tanggung jawab atas pernerintahan dengan bartindak sebagai parlemen maka raja kehilangan sebagian besar kekuasaan tradisionalnya. Oleh sebab itu, keberadaan sistem parlementer tidaklah lepas dari perkembangan sejarah negara kerajaan seperti lnggris, Belgia, dan Swedia.  
diambil dari buku buku ajar 
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XII - EKSIS

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XII - EKSIS
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XII - EKSIS
 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment