Monday, March 18, 2013

Pengertian dan Pengembangan Kewirausahaan



PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengatakan bahwa setiap orang yang punya usaha sendiri sebagai seorang wirausaha. Seorang pemilik toko disebut sebagai Wirausaha.. Seorang penjual gado-gado disebut sebagai orang yang berwirausaha atau bahkan seorang tukang oj ek pun karena berusaha sendiri dalam arti tidak bekerja untuk orang lain kadang disebut pula sebagai seorang Wirausaha. Namun sebenarnya, apakah sebutan wirausaha untuk orang-orang tersebut tepat ? 
Pengertian dan Pengembangan Kewirausahaan
wirausaha
Apakah sebenarnya pengertian kewirausahaan? Kewirausahaan sebenarnya berasal dari kata Wirausaha yang secara sederhana berarti orang yang berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Jadi kewirausahaan berafri kemampuan untuk berani mengambil resiko dan menciptakan sesuatu yang baru.

Seorang pakar manajemen modern bernama Peter F. Dricker mengatakan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Pakar lainnya, Zimmerer, menyatakan bahwa kewirausahaan sebagai proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.

Seorang Wirausahawan kadang kala disamakan dengan seorang wiraswasta. Namun sebenarnya seorang Wirausahawan berbeda dengan seorang Wiraswastawan. Seorang wirausahawan rnembutuhkan berbagai keterampilan yang tidak dimiliki oleh seorang wiraswastawan. Seorang wirausahawan harus memiliki keterampilan untuk mengelola orang lain. Seorang Wirausahawan juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik sehingga dapat mengelola dan mengarahkan orang lain. Seorang wirausahawan biasanya memiliki usaha yang banyak melibatkan banyak orang dengan tuntutan keterampilan yang cukup besar.

Sementara itu, seorang wiraswastawan adalah orang yang hanya bekerja sendiri, melakukan aktivitas bisnis sendiri, walaupun kadang dibantu oleh orang lain. Seorang wiraswastawan tidak terlalu membutuhkan keterampilan

kepemimpinan dan manajemen yang sukar. Ia hanya butuh keterampilan yang sederhana, karena biasanya skala usahanya pun juga tidak besar, sehingga pen gelolaan usahanya menjadi tidak terlalu rumit dan melibatkan orang banyak .

Pengembangan Kewirausahaan
Memasuki dunia usaha yang makin kompetitif, seorang wirausaha harus memiliki kecerdasan untuk menangkap peluang usaha. Dunia usaha Zaman sekarang telah melahirkan kreatititas dan inovasi yang cukup tinggi. Mampu memanfaatkan sesuatu untuk dikembangkan untuk menj adi sebuah peluang usaha. Sebagai sebuah pengembangan, wirausahawan telah menciptakan berbagai pengembangan dalam dunia usahanya, seperti, social entrepreneurship, technopreneurship, leadpreneurship, beautypreneurship, dan cyberpreneurship. Hal ini banyak mencerahkan dunia kewirausahaan menjadi lebih holistik.


Sumber: diambil dari buku ENTREPRENEURSHIP
OLEH  DR. SYAHRIAL YUSUF ,M.M
Nikmatnya Menjadi Pengusaha


 

No comments:

Post a Comment